Inilah Manfaat Khasiat Tepung Terigu Bagi Kesehatan Tubuh

 

Boegis.eu.org - Tepung terigu memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan terutama dalam pembuatan makanan. Banyak makanan yang dibuat dengan bahan utama yang berupa tepung ini di dalamnya. Hal ini juga membuktikan jika kandungan tepung tersebut memang baik untuk kesehatan sehingga selalu digunakan pada setiap adonan. Umumnya tepung ini dibuat untuk bahan makanan seperti kue-kue, mie, cake dan tart bahkan aneka gorengan juga.

Di balik kegunaannya pasti belum banyak orang yang mengetahui kandungan yang ada dalam setiap tepung ini. Ada beberapa zat yang ada dalam tepung dan semuanya memiliki khasiat terbaik masing-masing terutama untuk kesehatan. Beberapa kandungan tersebut di antaranya adalah ascorbic acid, thiamine mononitrate, amylase, asam folat, vitamin B2, dan azodicarbonamide. Semua zat tersebut merupakan bahan-bahan dasar tambahan pembentuk tepung gandum ini.

Kandungan tepung yang pertama yaitu ascorbic acid yang berfungi membantu pembentukan gluten dan mempercepat pematangan. Kemudian thiamine mononitrate atau dikenal dengan vitamin B 1 yang berkhasiat membantu pembentukan energi dari karbohidrat dan lemak. Selanjutnya amylase yang merupakan enzim yang berfungi untuk meningkatkan protein dan menghasilkan gluten dengan kualitas yang sangat istimewa terutama pada proses pembuatan roti.

Pemrosesan biji gandum menjadi terigu telah menghilangkan banyak kandungan nutrisi dan mengalami banyak percampuran kimia. Makanya, gandum yang sudah diolah dan diproses menjadi tepung terigu sebenarnya nyaris tidak memberi manfaat apapun bagi tubuh kecuali asupan karbohidrat, kalori, dan protein yang adalah gluten itu sendiri.

Nah soal karbohidrat ini, pasti kalau yang punya masalah diabetes udah membatasi juga mengkonsumsi makanan dari terigu, seperti roti-rotian, cake, kue kering, walaupun tanpa gula. Misalnya, kalau kepingin roti tawar, lebih baik pilih roti tawar gandum bukan roti tawar putih.

Karena terigu dan olahannya memiliki indeks glikemik yang tinggi. Artinya, bahan makanan ini sangat cepat diubah menjadi gula, sehingga cepat menaikkan level gula darah dalam tubuh. Berbeda dengan roti berbahan tepung gandum utuh. Gandum utuh tidak kehilangan kulit dan lembaganya. Sehingga masih banyak mengandung serat dan nutrisi dan lambat diubah menjadi gula.

Belakangan, penelitian merilis pula, konsumsi roti tawar putih secara rutin setiap hari, memicu tumbuhnya sel-sel tumor atau kanker. Nah loh … kenapa? Karena yang pertama, IGnya yang tinggi akan meningkatkan kadar gula dalam tubuh, lalu mengaktiviasi sel-sel kanker dalam darah. Kedua … yaa, karena gula adalah makanan kesukaan sel kanker.

Kebutuhan pemakaian terigu di negara kita ini semakin tahun semakin meningkat. Bisa sampai 300.000 ton dalam 1 bulan. Wow banget ya! Masalahnya … bahan baku pembuatan terigu, yaitu gandum, masih 100% import lho. Dan bahan pangan yang paling tinggi jumlah yang diimport adalah gandum. Kalah deh beras dan lainnya. Kenapa import 100%? Karena kondisi lahan negeri kita yang berbukit-bukit dan iklim Indonesia secara alami ngga bisa mendukung tumbuhnya gandum dengan subur. Tumbuhan gandum membutuhkan iklim subtropis untuk dapat tumbuh dengan baik. Sedangkan Indonesia tau sendiri ya, iklimnya tropis.

Memang ada beberapa ladang gandum di Indonesia, tapi baru sebatas ladang percontohan saja, belum bisa mensupport kebutuhan gandum di Indonesia. Jadi, berarti untuk masalah terigu ini, kita masih bergantung 100% import. Nah, kalau import berarti negara kita bukannya mendapatkan devisa, malah kehilangan devisa negara.

Kandungan lainnya yaitu asam folat yang dapat menghasilkan dan memelihara sel-sel baru bahkan dapat mencegah risiko anemia. Kandungan tepung terigu yang berikutnya adalah vitamin B 2 yang tentu saja mempunyai manfaat baik juga untuk kesehatan. Vitamin B 2 atau disebut juga dengan riboflavin mempunyai peran untuk menghasilkan energi dan nutrisi penting untuk tubuh kita. Tidak heran jika makanan yang terbuat dari tepung terigu bisa digunakan sebagai pengganti makanan pokok sehari-hari.

Nah itulah khasiat tepung terigu kesehatan tubuh yang tidak senagaja kita tidak menyadarinya bahwa tepung terigu itu bermanfaat untuk mencegah dan mengobati berbagai jenis penyakit di dalam tubuh kita.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>