AYAT AL QURAN TENTANG HAJI MABRUR

Pada hakikatnya, setiap orang yang telah melaksanakan ibadah haji belum semuanya termasuk dalamgolongan haji mabrur. Sebab kemabruran ibadah haji itu hanyalan Allah SWT saja yang mnegetahuinya. Namun tentu saja, kita sebagai umat muslim tak boleh putus asa dan menyerah begitu saja.

Kita harus berusaha supaya ibadah haji yang telah kita lakukan dapat diterima oleh Allah SWT dan dapat menjadi hajiyang mabrur.

Ada banyak sekali pahala dan juga keutamaan haji seperti yang telah tercatat dalam kitab suci Al Qur’an dan juga hadits. Allah SWT telah berfirman dalam Al Qur’an Surat Al- Hajj ayat 27 yang berbunyi:

وَأَذِّنْ فِي النَّـاسِ بِالْحَجِّ يَأْتُوكَ رِجَالًا وَعَلَى كُلِّ ضَامِرٍ يَأْتِينَ مِنْ كُلِّ فَجٍّ عَمِيـقٍ

Artinya: “Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh,”

Balasan haji mabrur itu adalah surga. Salah satu pahala yang sudah Allah SWT janjikan bagi mereka yang ibadah hajinya mabrur yaitu surga. Ibadah haji yang dilakukan seseorang dapat dikatakan sah menurut syara’ namun belum bisa diterima Allah dan tergolong haji yang mabrur.

Sabda Rasulullah SAW: “Hai semua manusia, Allah telah mewajibkan atasmu untuk haji, maka berhajilah kalian. Siapa yang berhaji karena Allah, lalu tidak berkata atau berbuat keji dan fasik, ia akan keluar dari semua dosa-dosanya bagaikan pada saat ia dilahirkan oleh ibunya. Dan, melakukan ibadah umrah hingga umrah tahun depan menjadi penebus dosa yang terjadi di antara kedua umrah itu. Sungguh, haji yang mabrur tidak ada balasannya kecuali surga.” (HR Bukhari dan Muslim).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages